Home > uneg uneg > Buka Bersama Sistem Pengaturan

Buka Bersama Sistem Pengaturan


Puasa penuh berkah, Subhanallah, berturut turut mata hati ini terbuka, hati ini terasa tentram, damai, tidak ongso-ongso atau ngoyo masalah dunia, dunia ini memang luas hanya pikiran kita jualah yang membuat sempit dan takut akan suatu hal yang sbenarnya tidak perlu ditakuti.
mundur satu hari sebelum acara buka bersama yaitu tepatnya hari kamis, hari itu adalah hari terakhir perwalian di kampus, batas perwalian secara resmi sampai malam yaitu sampai jam 8 malam. Sekitar jam 11 siang,temanku sms mengatakan kalo dosen wali ku tidak datang pada malam hari, jadinya aq sempetin waktu istirahat untuk pergi ke kampus, aq lakukan perwalian pada saat jam istirahat di kantor, seandainya temanku tidak sms pun, aq sebenarnya memang sudah niat akan melakukan perwalian pada saat jam istirahat, sambil perwalian aq juga berharap dosen pembimbing TA ku juga ada, hal ini karena aq juga mau progress TA dan Alhamdulillah saat pada jam istirahat itu aq bisa melakukan keduanya tanpa masalah berarti, perwalian beres, proposal TA juga langsung ACC dosen pembimbing TA.
Akan tetapi Proposal TA ku tidak selancar yang di bayangkan, ternyata aku harus mengumpulkan proposal TA ku di program studi, bukan ngumpulin di jurusan dan itu artinya akan melewati satu dosen lagi, yaitu dosen program studi yang efeknya akan banyak revisi lagi pada proposal TA ku.
untuk melengkapi kekurang lengkapan proposal TA ku, sehabis tarawih aq sempatin main ke kosan temanku untuk menyamakan apa yang dinginkan atau dengan kata lain format apa yang diinginkan dosen program studi. di kosan temanku, biasanya aq cuman ambil apa yg aq perlukan setelah itu langsung pulang, tpi malam itu kita ngobrol lama, dan dari obrolan inilah yang aq maksud dari salah satu berkah Ramadhan. lumayan lama aq main ke tempatnya sekitar 2,5 jam aku rasa. aq g’ mungkin menulis apa yang menjadi pembicaraan ku semalem dengannya, karena banyak mengandung hal yang sensitif untuk di tulis di blog ku ini.
namun inti dari pembicaraan ku dengannya saat itu adalah bahwa semua itu mungkin jika kita memliki kekuatan hati yang kuat, apapun masalah kita, semua akan ada penyelesaiannya. dan apa yang kita impikan pada saat kita kecil, InsyaAllah itu akan terwujud jika kita berusaha dengan sungguh2. tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.ini semakin meyakinkan ku bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. kun fa ya kun.

kemudian hari ini, hari jumat, di kampus diadakan acara buka bersama, aq minta ijin kantor agar pulang lebih awal agar bisa mengikuti acara buka bersama tersebut. Acara bukber banyak juga yang datang, tapi sayang dosen yang hadir cuman 4 saja, ditambah sekitar 50 an mahasiswa. acara di mulai sekitar jam 5 kurang 10 menit diisi pembukaan dari Pak Katjuk Astrowulan dilanjut dari perwakilan mahasiswa lalu perkenalan mahasiswa SP baru dan kultum dari Pak Imam Arifin. setelah itu buka bersama(makanan kecil) dilanjut sholat maghrib, kemudian makan nasi bersama.Sehabis makan ini sebenarnya inti dari buka bersama, tapi sayang seribu sayang, hampir sepertiga yg hadir malah pulang lebih awal.
sehabis makan malam ternyata ada sesi tanya jawab dan nara sumbernya adalah Pak Katjuk Astrowulan dengan Pak Imam Arifin. pertanyaan bebas, apapun tentang SP boleh di tanyakan langsung.
Pak Katjuk menjawab semua pertanyaan dengan senyuman yang khas, mendengar jawaban dari beliau hati ini terasa tentram, adem, jawabannya pelan tapi menusuk hati,,adem,, bener2 adem, di tambah pula hembusan angin Ac yg tepat dibelakangku,,,, Fiuhh,, hehehe,,

inti dari nasehat2 dari Pak Katjuk adalah bahwa kita belajar di perguruan tinggi adalah membentuk pola pikir,jika kita sudah dapat intinya maka semuanya akan mudah, jika ada masalah maka selesaikan masalah jangan malah mengelola masalah. jika dilihat dari sudut pandang Sistem Pengaturan, dalam segala aspek kehidupan inti pokoknya itu sama dengan Closed Loop Diagram, semisal dalam suatu negara, yang bertindak sebagai kontroler adalah bagian inspektorat, lalu yang bertindak sebagai aktuator adalah Dirjen, lalu Plant nya adalah masyarakat. semua hal dapat dianalogikan seperti itu. Prodi Sistem Pengaturan adalah Prodi yang umum, luas penerapannya, bisa pada arus lemah, telekomunikasi, komputer, arus kuat dsb

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: