Home > Agama Islam > Urutan membaca Surat Al Qur’an ketika Sholat

Urutan membaca Surat Al Qur’an ketika Sholat

sumber : jatiqo.com

Boleh membaca surat apa saja dari Al quran setelah membaca Al- fatihah asalkan kita mengetahui kaidah-kaidah sebagaimana dalam Kitab Fiqh Islam wa Adillatuhu – Dr. Wahbah Zuhaily dan Kitab Fiqh ala Madzahibul Arba’ah :

– Makruh dalam shalat adalah membaca surat atau ayat pada raka’at kedua lebih panjang dari pada bacaannya pada raka’at pertama.
Misalnya pada rakaat pertama ia membaca surat Al-lnsyirah sedangkan pada rakaat kedua membaca surat Ad Dhuha; atau pada rakaat pertama ia membaca:
(قد أفلح من زكاها)sedangkan pada rakaat kedua ia membaca: (والشمس وضحاها) dan lain sebagainya. . . .

Sedangkan mengulang-ngulang bacaan surat dalam satu rakaat atau dalam dua rakaat, maka yang demikan itu juga di-makruh-kan baik dalam shalat fardlu dan shalat nafilah, jika ia hafal surat lainnya. Hal ini makruh menurut pendapat Maliki dan Syafi’I Sedangkan menurut pendapat Hanbali dan Hanafi adalah:
Hanafi berpendapat bahwa hal ini dimakruhkan dalam kaitannya dengan shalat fardlu. Sedangkan dalam shalat nafilah maka tidaklah dimakruhkan rnengulang ulang bacaan surat.
Hanbali berpendapat bahwa yang demikian itu tidak makruh.Yang dimakruhkan tidak lain hanyalah rnengulang ulangi bacaan Fatihah dalam satu rakaat serta membaca keseluruhan Al Qur’an dalam satu shalat fardlu, bukan dalam shalat nafilah.

– Makruh hukumnya membaca dengan urutan surat terbalik pada susunan mushaf.
Hal ini disepakati oleh para fuqaha, seperti pada raka’at pertama membaca surat Al-Ikhlash dan pada raka’at kedua membaca surat Al- Lahab atau Al-kafirun, karena yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam raka’at kedua membaca surat setelah surat yang dibacanya pada raka’at pertama dalam susunan Al-Qur’an. Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud r.a bahwa ia ditanya tentang orang yang membaca Al-Qur’an dengan urutan terbalik. Ia menjawab: “Orang itu terbalik hatinya.”
Abu Ubaidah menafsirkan kasus yang ditanyakan: “Seperti membaca suatu surat lalu membaca surat lain pada urutan yang setelahnya dalam Al-Qur’an.” (gus arifin)

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: