Home > Automation, Pendidikan > Komunikasi Modbus

Komunikasi Modbus

Modbus berasal dari kata Modicon dan Bus, adalah protokol komunikasi yang dikembangkan oleh Modicon pada tahun 1979. komunikasi ini dibuat dalam rangka komunikasi berjaringan antara Client dan Server. Modicon membuka teknologinya secara cuma-cuma dan teknologi ini mendapat sambutan yang baik sebagai protokol komunikasi pada zaman itu. Banyak vendor menggunakan Modbus untuk peralatan mereka sehingga memudahkan integrasi dari satu sistem dengan sistem lainnya. Dengan demikian, secara “de facto” modbus menjadi komunikasi standard pada dunia industri untuk menghubungkan antar smart controller, keunggulan modbus antara lain:
1. Bersifat terbuka dan bebas royalti
2. Mudah penerapannya
3. Tidak ada pembatasan komunikasi bagi vendor yang menggunakan
4. Banyak Perangkat lunak SCADA dan HMI telah mendukung
5. Mudah menggabungkan terhadap peralatan yang berbeda

Mode Modbus
Dalam pengirimannya, modbus memiliki dua mode yaitu
1. Mode ASCII
Jika menggunakan komunikasi mode ASCII (American Standard Code for Information Interchange), tiap 8 byte pesan dikirim sebagai 2 karakter ASCII, keuntungan menggunakan mode ini adalah meningkatkan interval waktu komunikasi hingga diatas satu detik tanpa menyebabkan error.

2. Mode RTU
Jika menggunakan komunikasi mode RTU (Remote Terminal Unit), tiap 8 byte pesan yang dikirim berisi 2 karakter 4 bit hexadecimal, keuntungan menggunakan mode ini adalah dengan baud rate yang sama, menghasilkan kepadatan karakter data yang lebih banyak. Daripada mode ASCII Setiap pesan dikirimkan dengan aliran yang kontinyu.

Frame Komunikasi Modbus
Dalam Frame komunikasi, Modbus memilki 2 frame komunikasi,
1. Frame ASCII
Pada ASCII Mode, pesan yang akan dikirim dimulai dengan karakter ’colon’(:) dengan kode ASCII 3A Hex dan diakhiri dengan CRLF sepasang, dengan kode ASCII 0D Hex dan 0A Hex. Karakter yang diijinkan untuk dikirim adalah semua bentuk kode ASCII 0-9 dan A-F. Bentuk umum frame komunikasi modbus mode ASCII diperlihatkan Tabel di bawah ini

Gambar 1 . lihat lampiran di bawah

Keterangan:
Addr : alamat peralatan yang dituju, memiliki batas 1-255
Function : merupakan kode fungsi yang akan diminta (request)
Data : sekumpulan data informasi yang akan dikirim
LRC : Error Check, merupakan cek data dari kesalahan komunikasi

2. Frame RTU
Yang membedakan dengan mode ASCII adalah frame pada mode RTU awal dan akhir pesan berdasarkan waktu tunda antara 1,5 karakter sampai dengan 3,5 karakter dari baudrate komunikasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Data yang dikirim haruslah bersifat kontinyu, jika data yang dikirim terdapat waktu tunda selama lebih 1,5 karakter padahal data tersebut belum lengkap, dengan demikian data tersebut termasuk error, karena data setelah waktu tunda 1,5 karakter dianggap data baru. Demikian pula bila data awal dimulai kurang dari 3,5 karakter waktu tunda maka data tersebut dianggap masih data sebelumnya karena cek error akan aktif. Frame RTU pada protokol modbus dapat dilihat pada Tabel 2.4. Untuk data Addr, Function, Data, CRC sama dengan Frame ASCII.

Yang membedakan dengan mode ASCII adalah frame pada mode RTU awal dan akhir pesan berdasarkan waktu tunda antara 1,5 karakter sampai dengan 3,5 karakter dari baudrate komunikasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Data yang dikirim haruslah bersifat kontinyu, jika data yang dikirim terdapat waktu tunda selama lebih 1,5 karakter padahal data tersebut belum lengkap, dengan demikian data tersebut termasuk error, karena data setelah waktu tunda 1,5 karakter dianggap data baru. Demikian pula bila data awal dimulai kurang dari 3,5 karakter waktu tunda maka data tersebut dianggap masih data sebelumnya karena cek error akan aktif. Frame RTU pada protokol modbus dapat dilihat pada Tabel di bawah ini. Untuk data Addr, Function, Data, CRC sama dengan Frame ASCII.

Gambar 2 : lihat lampiran di bawah

 

agar lebih jelas silahkan lihat lampiran komunikasi modbus

Sumber : Tugas Akhir Penulis

Advertisements
  1. Ahmad Fauzan
    August 1, 2012 at 18:28

    Assalamualaikum

    Terimakasih atas ilmunya yang bermanfaat.

    Wassalamualaikum

    • Anonymous
      August 2, 2012 at 09:12

      Waalaikumussalam,, terima kasih…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: