Home > Automation > Komunikasi GE Multilin 745 dengan Intouch melalui Protokol Modbus

Komunikasi GE Multilin 745 dengan Intouch melalui Protokol Modbus

Sebelum membahas lebih lanjut, saya ingin menjelaskan kembali secara singkat tentang istilah2 pokok yang akan di bahas, yaitu

  • GE Multilin 745 adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai protection relay pada transformer (gampangnya adalah yang ngatur breakernya transformer tegangan tinggi).
  • Intouch Wonderware adalah Perangkat lunak untuk antarmuka ke mesin atau istilah umumnya HMI.
  • OPC adalah perangkat lunak yang menjembatani antara perangakat lunak dan perangkat keras, untuk lebih jelasnya silakan baca postingan saya sebelum nya yang secara khusus membahas OPC.
  • Modbus adalah salah satu protokol komunikasi pada system control, untuk lebih jelasnya silahkan membaca postingan saya sebelumnya yang secara khusus membahas tentang modbus.

berikut penampakan masing – masing:

GE Multilin, barang ini di taruh di RMU gan, sebagai pengontrol breakernya transformer

Contoh Tampilan HMI Intouch

SMC Wonderware

Pada GE Multilin yg saya bahas kali ini hanya mendukung komunikasi modbus serial. Tujuan komunikasi yang saya lakukan adalah mengakses Virtual Input dari Multilin 745 agar bisa di akses oleh Intouch. Ada beberapa OPC yang saya coba untuk mengakses Multilin ini, diantaranya Kepware, Matrikon dan OPC SMC wonderware dengan install plugin DASMBSerial (*berikutnya akan saya sebut DASMBSerial). Ketiga OPC tersebut bisa dengan mudah membaca data dari Multilin, saya sudah membuktikannya. Kenapa saya mencoba ketiga OPC tersebut, karena saya ingin mencari OPC yang bisa mendukung function code 05 s/d function code 10, akan tetapi kebanyakan OPC hanya mendukung function code 03 dan function code 04,, saya juga kurang tahu apakah yang mendukung function code 05 s/d function code 10 itu adalah OPC modbus plus. Saya belum sempat mencari informasi tentang hal itu, akhirnya saya putuskan hanya menggunakan function code 04 saja tidak masalah, karena tujuan saya untuk mengakses virtual input pada Multilin 745 sudah terpenuhi.

Pada dasarnya ketiga OPC tersebut bisa, tetapi saya memilih DASMBSerial karena lebih mudah dalam integrasi dengan Intouch Wonderware. Dengan demikian yang saya bahas kali ini adalah komunikasi modbus dengan OPC DASMBSerial.

Schematic diagram dalam pembahasan kali ini  bisa dilihat pada gambar coretan dibawah. Pada gambar tersebut, terdapat 5 langkah agar komunikasi antara multilin 745 dengan Intouch bisa terlaksana. Saya akan membahas sesuai urutan pada gambar dibawah ini.

Schematic Diagram Komunikasi antara Multilin dan Intouch

.

Langkah #1: Pengaturan Multilin 745

Yang dilakukan dalam multilin ini adalah membaca parameter komunikasinya, baudrate, parity, stop bit dan yang terpenting membaca slave address dari multilin tersebut berapa. Pada multilin yang di bahas kali ini terdapat 3 COM Port yaitu COM1, COM2 dan Front COM, karena saat ini saya menggunakan port yang ada di sisi depan, maka parameter yang saya baca adalah Front COM. Dan hasil pembacaan Front COM adalah sebagai berikut: baudrate = 19200; parity = None; Stop Bit = 1; slave address = 254. Untuk kemudahan saya dalam setting OPC, maka saya ganti slave address nya menjadi 1, jadi slave address = 1.

.

Langkah #2: Pengaturan OPC DASMBSerial

Pastikan plugin DASMBSerial sudah terinstall pada SMC DAS Server wonderware. Kalau sudah terinstall maka tambahkan COM Port pada Configuration DASMBSerial tree, setelah di tambahkan maka secara default akan muncul Port1 pada tree configuration, isi parameter komunikasi sesuai dengan data yang telah diambil pada langkah#1. Jangan lupa kita harus menyamakan port pada sisi PC kita, karena saya menggunakan Port Com 1 pada PC saya, maka saya isi COM 1 pada port name nya. Lalu ada parameter yang harus di pilih pada kolom paling bawah, parameter tersebut adalah transmission mode, maka pilihlah transmission mode = RTU, karena sesuai datasheet multilin, transmission mode nya adalah Modbus RTU, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Parameter Port Modbus Pada SMC Wonderware

Setelah port1 sudah di atur, maka tambahkan object pada port1, pada port1 terdapat 4 pilihan object diantaranya QuantumPLC Object, ModiconMicroPLC Object, ModbusPLC Object dan TSXMomentumPLC Object. Dan yang kita tambahkan adalah ModbusPLC Object. Setlah ditambahkan akan muncul object secara default “New_ModbusPLC_000” rubah nama sesuai keinginan kita. Lalu klik New_ModbusPLC_000 dan akan muncul window parameter, terdapat 3 window parameter yaitu Parameter, Device Groups dan Device Items.

Pada Window Group diisi dengan Topic dengan nilai Update Interval 1000, pada Window Device Item akan dibahas pada langkah#3, disini kita akan mengatur pada window parameter, pada window parameter ubah slave address sesuai dengan slave address multilin, karena slave address multilin = 1, maka saya isi dengan 1. Register size isi dengan 6 (kenapa diisi dengan 6, penjabarannya pada langkah#3), lainnya biarkan sesuai default. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Parameter pada Modbus Object SMC Wonderware

.

 Langkah #3: Pengaturan Komunikasi antara Multilin dengan OPC

Sekarang saatnya mengatur komunikasi antara multilin dengan OPC. Sebagai bahan informasi bahwa Multilin 745 dalam komunikasi modbus, dalam pengalamatannya menggunakan data type Hexadecimal. Akan tetapi OPC, pada umumnya mendukung pengalamatan dengan data type decimal. Oleh karena itu, kita perlu merubah terlebih dahulu alamat yang kita ingin akses, yang awalnya berupa Hexadecimal ke bentuk decimal. Caranya adalah menggunakan kalkulator converter dari data HEX ke DEC. kemudian dari hasil tersebut tambahkan angka 1 pada setiap hasil dari kalkulator, karena pengalamatan decimal di mulai dengan 1 bukan 0, jadi hasil nya kita tambahkan dengan 1.

Sebagai contoh saya akan mengakses Virtual Input State, pada datasheet multilin 745 “GEK-106636E” alamat Virtual Input State adalah “0090” agar bisa di akses oleh OPC alamat tersebut saya rubah ke bentuk decimal. Caranya H0090 = 144 –> 144 + 1 = 145, dengan demikian alamat yang pada GEK-106636E adalah “0090” dalam OPC alamat tersebut diganti dengan 145. Contoh lain kalau alamat pada multilin adalah FFFF maka pada OPC adalah 65536.

Contoh yang dibahas diatas adalah alamat data yang ingin kita akses, sedangkan function code sesuai dengan standard Modbus data Read/Write adalah Function Code = 04. Jadi semua alamat yang diatas pengalamatan dalam OPC diawali dengan 4. Dengan demikian alamat untuk Virtual Input State adalah 400145, kenapa harus ada angka 0 diantara 4 dan 145, hal ini untuk mengakomodasi jika alamat nantinya adalah FFFF Hex, jika bentuk decimal angkanya bukan 3 digit tetapi 5 digit. Alamat tersebut kita tulis pada Device Item kolom Item Reference, dan kolom Name kita isi sesuai dengan keinginan kita, agar lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.  Setelah sudah selesai semua, langkah selanjutnya adalah meng “activate” kan server pada DAS Manager.

Device Item Parameter pada SMC Wonderware

.

Langkah #4:  Pengaturan Intouch

Karena sudah di bahas pada posting saya sebelumnya tentang Intouch, jadi saya tidak membahas apa itu Intouch lagi,  yang akan saya bahas disini adalah pengaturan Intouch Acces Names ke DASMBSerial, dan saya akan membahas juga contoh pembuatan Tag pada Intouch yang mengakses Virtual Input State pada multilin 745(langkah#5).

Langkah awalnya adalah membuat satu Acces Names pada Intouch, disini namanya saya buat menjadi Modbus, pada Acces Names Modbus parameter nya adalah

  • Node Name :   (Node Name kosong karena OPC nya pada computer yang sama, andaikan OPC nya pada computer yang lain, maka isi Node Name dengan “IP Address”/“Computer Name” komputer tersebut)
  • Application Name : DASMBSerial (diisi ini karena nama aplikasinya DASMBSerial, huruf besar/kecil berpengaruh)
  • Topic Name: Topic (Di isi sesuai nama pada Device Groups)

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Access Name Intouch

.

Langkah #5: Pengaturan Komunikasi antara OPC dengan Intouch

Setelah membuat Acces Names, langkah berikutnya adalah membuat Tag yang mengakses OPC, dalam hal ini saya akan membuat Tag yang mengakses Virtual Input State. Saya akan membuat Tag baru dengan type I/O Integer, saya isi I/O integer karena data Virtual Input State pada OPC, Data Type nya berupa word. Acces Name saya pilih Modbus, karena sesuai dengan yang telah saya buat sebelumnya pada langkah#4, Item Refence saya isi dengan VirtualInput_2, kenapa saya isi dengan kata tersebut, karena saya sesuaikan seperti penamaan yang telah saya lakukan pada langkah#3, untuk yang lainnya saya biarkan seperti default. Agar lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Tag Name Parameter

Menyamakan TagName Pada Device Item SMC dan Tagname Item Intouch

Demikian cara komunikasi dari Multilin ke Intouch melalui serial Modbus RTU.

.

  1. February 19, 2013 at 10:20

    Oh my goodness! an incredible article dude. Thank you However I’m experiencing challenge with ur rss . Don’t know why Unable to subscribe to it. Is there anybody getting identical rss problem? Anyone who is aware of kindly respond. Thnkx

  2. November 14, 2015 at 21:10

    dimana saya bisa mendapatkan aplikasi dasmbserial?

    • November 15, 2015 at 05:29

      Sy sudah lupa, perasaan itu plugin dari SMC wonderware, bisa di download dari wonderware nya..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

