Home > Cari Kerja > Perjalanan Ke Cartenz Timur

Perjalanan Ke Cartenz Timur

Sesuai judul, tulisan ini akan menceritakan tentang perjalanan ke puncak cartenz timur bersama DKM Baiturrahman Ridge Camp, untuk mengikuti kegiatan ini tidaklah mudah, ada beberapa tes terhadap calon peserta yang diberikan panitia, setelah mengikuti beberapa tes dari panitia, akhirnya saya lulus untuk mengikuti kegiatan ini.

Perjalanan ini berangkat dari masjid Baiturrahman pukul 2 dinihari, setelah itu naik bus dan sampai pada trem jam 2.30. menunggu trem lumayan lama, hampir setengah jam.  Jam 3 kami melanjutkan perjalanan dengan Bus. Jam 3.30 kami sudah sampai Bali Dam.

Peserta Naik Trem

Pada pos Bali Dam ini, kita melanjutkan perjalanan ke Cartenz Timur dengan jalan kaki, karena tidak ada akses untuk kendaraan. Karena perjalanannya malam hari, kita menggunakan senter untuk memandu perjalanan, Sampai Bali Dam, hujan gerimis, untuk itu sebelum berangkat kami memakai jas hujan.

Pos Bali Dam

Oh ya, saat perjalanan ini, kondisinya bulan purnama, jadi tidak terlalu gelap, apalagi bila kita di gunung, bulan terasa besar sekali, entah itu karena sugesti atau memang besar bila kita melihat dari gunung.  Awal perjalanan kita menuruni  Bali Dam lancar2 saja, sampai pada Zebra Wall, kita melalui rawa, banyak peserta Tafakur Alam ini yang sepatunya kemasukan air, meskipun sepatunya waterproof, karena tinggi air di rawa ada yang sampai 25 cm.

Sholat Subuh di samping Danau 3

Tak terasa sudah sampai danau 3, waktu subuh sudah masuk, maka panitia memutuskan sholat subuh di samping danau 3, di danau 3 tidak lagi gerimis, maka banyak peserta yang melepaskan raincoat nya di danau 3. Setelah danau 3, perjalanan berikutnya adalah melewati pintu angin, matahari sudah terbit, sehingga tidak diperlukan senter.

Saya di Pintu Angin

Pukul 6.30 kita sampai pada BaseCamp, ketinggian Basecamp dari permukaan air laut adalah 4330 m (terlihat di papan petunjuk), sudah hampir 3 jam kita melakukan jalan kaki, di basecamp inilah tempat untuk istirahat, makan makanan kecil dsb. Jam 7.30 kita melanjutkan perjalanan lagi, Setelah istirahat, kita dihadapkan medan yang cukup menantang, tanjakan ini memiliki sebutan khusus, yaitu tanjakan cinta. Harus super hati hati melewati tanjakan ini, kemiringannya ada yang sampai 60 derajat, super curam dan panjang.

Saya di Basecamp

Base Camp

Setelah tanjakan cinta, pemandangannya sungguh mengagumkan, salju di puncak Meren terlihat jelas, Cartenz Pyramid pun terlihat, agar tidak terlambat di puncak, akhirnya kita melanjutkan perjalanan ke cartenz Timur. Pada pertengahan perjalanan, ada 2 jalan yang di tempuh, lewat punggung bukit atau lewat lembah, di sini terdapat dua group, satu group melewati punggung bukit, dan satunya melewati lembah, saya ikut group yang melewati lembah.

Tanjaklan Cinta

Jam 10.30, group kami harus menghadapi kenyataan pahit, bahwa jalan yang kita tempuh sudah tidak ada, jalan yang seharusnya kita lewati untuk mencapai puncak Cartenz Timur telah mengalami longsor. Untuk kembali lagi dan harus melewati punggung bukit tidaklah mungkin, karena waktu sudah menunjukkan pukul 10.30, Jadi panitia memutuskan untuk kembali ke Basecamp sambil menunggu group yang melewati punggung bukit kembali dari puncak Cartenz Timur.

Salah Satu Medan dalam Pendakian

Jam 12.30 Dari Basecamp kita bertolak ke Bali Dam, Jam 15.30 kita semua sampai di Bali Dam. Dari jam 3.30 dinihari sampai dengan 15.30, kita semua jalan kaki, istirahat saat sholat subuh dan di basecamp, hampir 12 jam melakukan aktivitas jalan kaki, dengan medan yang berat dan cuaca yang dingin. Setelah melakukan perjalanan ini, rasanya kaki mau patah. AlhamduliLLah, Semua peserta kembali dengan selamat.