Home > Berbagi Pengalaman Umum > Cara Membersihkan Body Motor dari Sticker Kaca Film

Cara Membersihkan Body Motor dari Sticker Kaca Film

Agan agan, jika agan membaca postingan ini, kemungkinan besar agan berniat untuk utak atik cat motor anda. postingan ini menghususkan untuk membersihkan body motor dari kaca film mobil. tahun 2010 kan pada musim, motor baru di lapisi dengan sticker kaca film, alasannya sih sederhana kenapa mereka melapisi sticker dan body motornya pakai sticker kaca film mobil, yaitu agar catnya gak tergores, andaikata tergores pun yang tergores adalah sticker kaca film nya. memasang sticker kaca film pada motor bukanlah pilihan yang bijak. karena bila sticker kaca film itu terlalu lama menempel pada body motor, maka menyebabkan sticker itu mengeras dan menyatu dengan cat motor. apabila agan mengalami hal ini. siap siaplah agan bekerja ekstra keras untuk membersihkannya.
Pada kasus saya ini, sticker kaca filmnya udah mengeras, jadi seperti cat yang retak retak. di beberapa bagian, sticker ini gak bisa dilepas, bisanya hanya di kerik (dikupas pakai pisau/cutter). dengan demikian, bila agan ingin menghilangkan sticker kaca film nya, agan harus memasrahkan cat dari body motor untuk di kupas. dari berbagai percobaan yang saya lakukan, untuk menghilangkan sticker ini, dalam kasus ini, ana menghilangkan seleuruh kaca film + cat body pada supra X 125 R, membutuhkan waktu 3 hari.

Langkah2 menghilangkan sticker kaca film yang sudah mengeras / menyatu pada body motor

  1. Persiapkan cutter yang gagangnya di lepas, kertas gosok ukuran 400 dan 1000, thinner A special & kain kassa.
  2. Lepas semua body yang akan di bersihkan dari chassis sepeda motor.
  3. Lem terlebih dahulu bagian2 yang patah, saya sarankan pakai lem “G”, lem ini murah, di toko bangunan banyak, harganya cuma 6rb. nb. jangan sampai lem ini kena tubuh agan, karena lem ini sangat keras, lebih keras dari lem alteco.
  4. Kikis sticker kaca film menggunakan cutter, agan mengikisnya sampai dengan cat, terkadang akan terkena cat nya, nanti akan tertinggal/ bekas lem sticker nya saja.
  5. Agar ngikisnya cepat dan halus, agan ngikisnya mesti sabar dan berurutan, tidak butuh waktu lama untuk ngikis nya ko’, satu slebor, mungkin butuh waktu 3 jam,, hehe..
  6. Dari hasil kikisan agan tadi, akan tertinggal bekas lem sticker yang sangat banyak di seluruh bagian. cara menghilangkan lem sticker yang paling cepat adalah menggunakan thinner A Special, efek samping dari menggunakan thinner A special adalah cat nya juga terkelupas, jadi nanti akan tersisa body nya yang warna “putih gading”.
  7. Agar hasilnya rapih, maka setelah agan menggosok nggosokkan dengan thinner A, langsung usap cairan yang lengket2 dengan kain kassa / kain kotor sampai terlihat bodynya. kalau kain kassa nya kotor, maka jangan ragu untuk menggantinya dengan kain kassa yang baru. pengalaman ana, memang butuh banyak kain kassa.
  8. Setelah bersih semua, jemur sampai thinner yang sisa mengering, pastikan mengering semua, karena bila terkena air semakin susah membersihkannya.
  9. Saatnya bermain dengan air dan kertas gosok. Gosok bagian yang kasar, dengan uk.400 atau uk.1000. lagi2 di sini di butuhkan kesabaran ekstra.
  10. Selesai, body sepeda motor siap untuk di cat.
Lem G

Lem “G” / Lem Super

Advertisements
  1. July 15, 2014 at 01:06

    keren masbro.. saat ini makin banyak jasa polet motor, biar tambah keren motor nya.. kami juga memproduksi jaket sepatu undercover salah satunya untuk mempercantik tampilan bermotor

    • August 12, 2014 at 23:41

      Terima kasih,, semoga tambah laku dgangannya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: