Home > Pendidikan > Setting Transmitter Milltronics Siemens Multiranger 100 mode Level

Setting Transmitter Milltronics Siemens Multiranger 100 mode Level

Dalam tulisan ini, saya akan membahas cara setting Transmitter Multiranger 100 dengan Transducer XPS15, saya membahas ini karena tangki yang akan di ukur levelnya berbentuk kerucut dan posisi untuk menempatkan transducer sangat terbatas / tidak luas, seperti gambar berikut.

Tangki Kerucut dan Sempit

Transducer XPS-15

Jika area transducer nya sesuai standard (maksudnya lebar dan tidak terhalang beam), saya rasa untuk setting Multiranger 100 sangat mudah, tinggal masukkan parameter P000 s/d P007 sudah selesai, akan tetapi bila area transducer sangat terbatas, maka ada beberapa cara untuk meneyelesaikannya.

Langkah pertama dalam setting Multiranger 100 adalah mengukur jarak tangki dengan transducer, agar hasil pembacaan akurat, pastikan jarak tangki dengan transducer benar, alat ukurnya bisa menggunakan meteran sendiri atau bila kita malas mengukur, kita bisa menggunakan pembacaan sensor nya, dalam multiranger 100 terdapat mode measurement, masuk pada mode P927, nilai pada mode P927 adalah jarak antara permukaan yang kita ukur dengan head transducer XPS-15.

Parameter yang perlu di isi ke Multiranger 100

Setelah di dapatkan nilai P006 dan P007, maka kita bisa memasukkan parameter nya ke Multiranger 100 dari P001 sampai dengan P007, bila hasil pembacaannya tidak masalah, maka transmitter tersebut langsung bisa di gunakan, baik itu digital atau analog output nya, untuk data analog tinggal scalling saja, 4mA/0mA untuk level berapa dan 20 mA untuk level berapa % dari mode P200 s/d P219.

Ada kalanya, pada saat empty tank, sensor membaca tidak akurat, transmitter membaca suatu nilai, tetapi nilai nya tidak nilai actual, hal ini biasanya sensor terhalang sesuatu, entah itu beam, support bar, dsb. Untuk mengatasi ini, anda perlu menyetting Echo Algorithm nya, Echo Algorithm (P820) ini berfungsi untuk menentukan surface / area mana yang di sensor, mode default nya transmitter adalah “bLF” yang artinya transducer akan membaca area yang luas dan atau area yang terkena sensor pertama kali. Agar pembacaannya akurat pada sensor yang terhalang beam saat empty tank, mode P820 nya di rubah kenilai “bL” yang artinya area yang di sensor adalah area yang datar dan luas, dalam mode “bL” tidak memeprdulikan area mana yang terkena sensor pertama, sehingga bila ada beam atau support di tengah2, tidak akan mempengaruhi hasilnya, karena sensor hanya akan mengambil data pada area datar yang luas. Dan juga, agar pembacaan sensor pada saat tank empty tidak error bisa juga dengan menambahkan nilai Range extensión nya pada mode P801.

Jarak terdekat antara transducer dengan permukaan full tank preset valuenya adalah 30 cm, di usahakan agar jarak ini terpenuhi, agar sensor membaca dengan akurat, apabila jarak ini tidak memungkinkan, kita bisa mengubahnya pada mode P800, di mode ini kita bisa setting jarak minimal pembacaan sensor nya sesuai dengan keinginan kita.

berikut saya lampirkan manual multiranger 100, silahkan di download :7ML19981FB05

Demikian tulisan ini, semoga bermanfaat.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: