Home > Berbagi Pengalaman Umum > Perjalanan Nissan X-Gear dari Surabaya ke Bangkinang (RIAU)

Perjalanan Nissan X-Gear dari Surabaya ke Bangkinang (RIAU)

Sesuai judul, tulisan ini akan menceritakan tentang perjalanan Nissan X-Gear dari Surabaya ke Bangkinang, ini adalah perjalanan naik mobil pribadi pertama saya melintasi jawa dan sumatera. Sebelumnya saya terbiasa dengan perjalanan di pulau jawa saja, untuk daerah sumatera, yang pernah saya lintasi dengan mobil pribadi cuma Bangkinang – Padang.

Nissan X-Gear

Perjalanan kali ini saya di temani oleh Istri dan Rori Fernandes (Adik), kita bertiga sudah memiliki Sim A, jadi kita bisa bergantian untuk mengemudikan Nissan X-Gear, persiapan Nissan X-Gear sebelum berangkat adalah service rutin, ganti oli, spooring & balancing ban dan membaca manual maintenance X-Gear. Membaca manual ini untuk persiapan mental jika di jalan ada masalah dengan mobil. Sesuai sunnah nabi Muhammad SAW, perjalanan jauh sebaiknya di lakukan pada malam hari, karena pada malam hari, jarak itu lebih pendek, untuk itu kita mempersiapkan senter dan persiapan mental perjalanan malam hari.

Rabu, 1 Juli 2015

Perjalanan di mulai pada hari Rabu, tanggal 1 Juli 2015 pukul 14.00 dari kota Surabaya, sampai di kota Semarang sekitar pukul 22.00, sampai di Bekasi sekitar pukul 04.00 pagi hari. Perjalanan dari Surabaya ke Bekasi ini terhitung cepat, hal ini karena di bantu oleh jalan tol CIPALI yang baru saja di resmikan. Perjalanan dari Surabaya ke Bekasi cuma 14 jam. Hehe..

Kamis, 2 Juli 2015

Pada pukul 04.00 sampai di rumah Kakak di Bekasi (Perum Bumi Anggrek), untuk istirahat, mandi, cuci mobil. Sekitar pukul 09.00 kita bertolak dari Bekasi untuk silaturrahmi ke rumah Wak Apek (Uncle) di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pukul 11.00 kita keluar dari Pasar Minggu menuju Cilegon, kita sengaja mampir ke Cilegon dulu, karena Saya ada interview kerja di salah satu perusahaan di daerah Cilegon Plant pada pukul 15.00, interview selesai pukul 16.00, kita lanjutkan perjalanan ke pelabuhan Merak.

Setelah keluar pintu Tol Tanggerang Merak, kita jalan pelan pelan untuk mencari makanan guna persiapan buka puasa di kapal. Maka mampirlah kita di salah satu Pom BBM, di Pom BBM tersebut ada mini market dan warung masakan Padang. Saat di Pom BBM, keluarlah kita semua, entah itu buang air kecil dsb, saat balik ke mobil, ternyata ban depan kanan sudah kempis, padahal saat keluar mobil, ban tidak bermasalah, tak biasanya kita bertiga keluar mobil secara bersamaan, biasanya ada yang tinggal di mobil, tanpa firasat aneh, kita ganti ban depan tersebut.

Karena ban bocor tersebut, baliklah kita ke arah kota Cilegon, untuk memeperbaiki ban yang bocor, saat mobil keluar dari Pom BBM di Merak tersebut, ternyata berjejer Tukang Tambal Ban di sepanjang jalan, jumlah Tukang Tambal Ban nya buuanyaaaak sekali, pikiran kita sudah mengarah ke hal negative pada Tukang Tambal Ban tersebut, jangan jangan ban kita ada yang buat bocor saat kita parkir di Pom BBM tersebut, karena di mobil saat itu gak ada yang jaga. Akhirnya kita berhenti ke Tukang Tambal Ban ke-1, Tukang Tambal Ban ke-1 ini mengatakan kalau ban kita gak bisa di tambal dan harus di ganti ban nya. Karena saran Tukang Tambal Ban ke-1 ini tidak masuk di akal, akhirnya saya ambil ban nya dan langsung pergi dari Tukang Tambal Ban ke-1, maka kita pilih2 lagi Tukang Tambal Ban yang lainnya, akhirnya kita berhenti di Tukang Tambal Ban ke-2, kita sengaja pilih Tukang Tambal Ban ke-2 ini yang jarak lapaknya agak jauh dari Tukang Tambal Ban ke-1. Tukang Tambal Ban ke-2 ini akhirnya bisa menambal ban kita, ongkosnya pun murah, cuma 30rb, hehe..

Setelah proses tambal ban, sekitar pukul 17.30 kita sampai dermaga pelabuhan Merak, tanpa antri, mobil kita langsung memasuki kapal feri. Tarif penyebrangan pelabuhan merak untuk mobil sekitar 350rb. Perjalanan naik kapal feri ini sangat lancar, tanpa antrian yang berbelit belit, tanpa menunggu lama. Naik kapal, menunggu di atas kapal, dan turun dari kapal semuanya lancar, tidak sampai setengah Jam, sekitar pukul 18.00 kapal pun berangkat, 2 jam kemudian sekitar pukul 20.00 kapal sudah berlabuh di pelabuhan bekauhuni.

Turun dari kapal, isi BBM terlebih dahulu, pukul 21.00 perjalanan di lanjutkan, sekitar pukul 23.00 sudah sampai di Bandar Lampung.

Jum’at, 3 Juli 2015

Dari Bandar Lampung menuju Palembang, jalur yang kita pilih adalah lewat Menggala – Pedamaran – Palembang. Karena Jalannya yang ramai, maka kita lanjutkan pada malam itu juga ke Palembang. Dari Bandar Lampung pukul 23.00 sampai di kota Palembang Pukul 08.00 (9 Jam). Saat di kota Palembang sengaja kita melewati tengah kota alih alih melewati jalan lintas yang jalurnya di pinggir kota. Lewat tengah kota mengakibatkan waktu tempuh yang lebih lama, tetapi dengan melewati tengah kota kita bisa melihat dan melewati jembatan Ampera yang terkenal itu. Selain itu, ada request dari Istri untuk lewat tengah kota Palembang agar bisa beli oleh oleh mpek mpek Palembang.

Pukul 10.00 kita sudah keluar dari kota Palembang, Sekitar pukul 16.00 kita sampai di kota Jambi. Jalan di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan sangat bertolak belakang. Jalan Lintas di Sumatera Selatan sangat buruk, sedangkan Jalan lintas di Provinsi Jambi sangat mulus, kok bisa beda begitu ya?? Heran Aing.

Perjalanan kita lanjutkan melewati pinggiran Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Sekitar Pukul 19.00 kita sudah meninggalkan Provinsi Jambi dan memasuki Provinsi Riau, Pukul 24.00 kita sudah sampai di Rengat, RIAU

Sabtu, 4 Juli 2015

Pukul 00:30 kita sudah melewati Rengat, sampai di Pangkalan kerinci Pukul 02.00, kemudian sampai di pekanbaru pukul 04.00, Akhirnya sampai di bangkinang Pukul 05.30. Alhamdulillah.

Note:

Rute yang kita tempuh adalah Surabaya – Semarang – Brebes  –  Bekasi – Merak – Bekauhuni – Bandar Lampung – Palembang – Jambi – Pekanbaru – Bangkinang. Waktu tempuh perjalanan adalah 62 Jam (termasuk istirahat di Bekasi dan Jakarta selama 8 Jam). Total BBM yang di gunakan adalah ±169liter. Total jarak yang di tempuh adalah ±2.200 Km. Mengalami satu kali ganti ban. Nissan X-Gear tahun 2012, Manual Transmisi, 1500cc.